Sabtu, 06 April 2013

Rutinitas di Lomba Kelurahan Terpadu

Sejak awal bulan Maret 2013, Kelompok Kerja Penyuluh Agama (Pokjaluh) Kota Makassar melakukan pembinaan di Lokasi Lomba Kelurahan Terpadu tingkat Prop. Sulawesi Selatan. Pada tahun 2013 ini, Kelurahan Bara-Baraya Kecamatan Makassar mewakili Kota Makassar pada event tahunan ini, tepatnya di Asrama TNI-AD Bara-Baraya.
Sudah menjadi tradisi tahunan, para Penyuluh Agama Fungsional Kemenag Kota Makassar melakukan pembinaan administrasi dan penguatan kegiatan program obyek Majelis Taklim, Remaja Masjid dan TPA pada lomba Kelurahan Terpadu maupun lomba P2W-KSS. Dengan segala keterbatasan yang ada karena pelaksanaan dua kegiatan tersebut tidak tercantum dalam DIPA, pembinaan tetap dilakukan secara maksimal. Di bawah komando Ketua Pokjaluh, H. Saifullah Rusmin, Lc., M.Th.I., para penyuluh Kota Makassar melakukan pembinaan yang bentuknya antara lain, konsolidasi pimpinan dan pengurus tiga obyek tersebut, melengkapi aspek-aspek legalitas formal seperti SK, Program Kerja dan Struktur Organisasi obyek serta kelengkapan administrasi berupa Agenda Surat Masuk dan Keluar, Buku Tamu, Resume Kegiatan dan Registrasi Anggota, serta Buku Registrasi Santri bagi TPA. Demikian pula dengan penataan sekretariat.
Pembinaan pada kegiatan obyek juga diperkuat dengan melatih anggota Majelis Taklim untuk melakukan zikir, tadarus, dan shalawatan yang dipimpin oleh Hj. Amirah C, MA, serta pelatihan Penyelenggaraan Jenazah yang dibimbing oleh Ketua Pokjaluh, Drs. Nurhadi dan Hasniati, SS.,yang merupakan penyuluh pada wilayah Kec. Makassar di mana obyek berada.
Pembinaan dilakukan setiap hari Senin dan Rabu setelah Shalat Ashar dan berlangsung hingga hari penilaian lomba yang dijadwalkan pada awal bulan Mei mendatang. (S.Rusmin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar